Kuliner Simpang Lima Semarang

Kuliner Simpang Lima Semarang Yang Enak, Terkenal, Dan Wajib Dicoba

kuliner Simpang Lima Semarang – Yogyakarta memiliki Malioboro, Semarang mempunyai Simpang Lima yang hampir ramai selalu oleh pengunjung. Seperti namanya, Simpang Lima adalah titik pertemuan lima jalan besar yang ada di Kota Semarang, yakni Jalan Pandanaran, Jalan Pahlawan, Jalan Gajah Mada, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Ahmad Dahlan.

Sebagai ikon wisata Kota Semarang, Simpang Lima memiliki banyak daya tarik, tentu salah satunya adalah aneka kuliner yang enak dan juga memanjakan lidah. Di Simpang Lima, ada Pujasera yang berisikan sekitar 20 kios yang menjual makanan, mulai cemilan, hidangan berat, sampai minuman dingin/hangat. Tak hanya Pujasera, tempat makan yang lain juga mudah untuk Anda temukan di sekitarnya.

Nah, untuk Anda yang sedang di Semarang dan berniat mampir ke Simpang Lima, berikut ini adalah beberapa tempat wisata kuliner Simpang Lima Semarang yang patut dicoba makanan dan minumannya.

Menikmati CamilanTahu Petis Prasojo

Tidak hanya makanan berat, kuliner Simpang Lima Semarang pun menawarkan berbagai macam camilan yang enak dan menggugah selera makan, seperti Tahu Petis Prasojo. Seperti namanya, di warung kios yang terletak di Pujasera ini menu utamanya adalah tahu petis, yang mana petis dimasukkan ke tahu. 

Cita rasa dari Tahu Petis Prasojo sangat enak. Ketika mencicipi tahu petis tersebut, Anda akan rasakan gurih yang bercampur aroma udang dari petis. Selain petis, di sana pun menjual beraneka gorengan, seperti tahu brontak, tahu bakso, risoles goreng, dan tape goreng.

Kabarnya, kuliner legendaris enak di Semarang ini sudah dijajakan dari tahun 1980. Jam buka tempat makan ini dari pukul 15.00 – 01.00 WIB.

Makan Seafood Enak di Seafood Pak Jari

Untuk Anda penggemar seafood, tempat makan Seafood Pak Jari yang berada di Pujasera Simpang Lima dapat menjadi pilihan yang tepat untuk makan malam. Di warung ini, Anda akan dimanjakan berbagai olahan hasil laut maupun ikan air tawar, seperti nila, gurame, lele, kakap, udang, kerang hijau, kerang darah, kerang simping, cumi, dan kepiting.

Untuk pengolahan masakan, Anda dapat memilih cara dibakar, digoreng, atau dioseng dengan beraneka saus, seperti saus mentega, saus asam manis, serta saus padang. Lalu untuk pelengkap, ada sayuran seperti ca sawi, ca kangkung, serta ca brokoli.

Kuliner Simpang Lima Semarang Seafood Pak Jari ini buka pada sore hari sekitar jam 17.00 WIB hingga pagi hari jam 05.00 WIB.

Menikmati Kuliner Simpang Lima Semarang Bakmi dan Nasi Goreng Bu Lestari

Sesuai dengan nama, kuliner Simpang Lima Semarang ini menawarkan menu utama yang berupa bakmi serta nasi goreng. Bakmi di sini tersedia pilihan goreng atau kuah dengan topping seafood, daging ayam, spesial, serta daging sapi. Sementara untuk nasi goreng, tersedia nasi goreng kambing, nasi goreng sapi, nasi goreng ati, dan masih banyak lainnya.

Ada pula menu nasi goreng ruwet yang isinya nasi, ayam, dan bakmi dimasak jadi satu. Jika di Jogja, sebutan nasi goreng ruwet ini identik dengan magelangan. Sementara, menu makan yang lain di sini berupa babat gongso, sop ayam, capcay, cumi, udang, bihun goreng/kuah, serta kwetiau goreng/kuah.

Jam buka warung makan ini dari pukul 17.00 – 23.00 WIB dan hari Senin tutup.

Coba Makanan Khas Semarang Pisang Plenet Pak Yuli

Salah satu kuliner Simpang Lima Semarang yang tak boleh Anda lewatkan adalah pisang plenet. Memang saat ini cukup jarang ditemui, tapi kuliner ini patut untuk Anda coba. Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini terbuat dari buah pisang yang kemudian dipipihkan dan dibakar atas arang. Setelah matang, pisang plenet biasanya diberikan topping yang berupa keju, coklat, serta susu kental manis.

Salah satu tempat makan pisang plenet terenak di Semarang adalah Pisang Plenet Pak Yuli. Terletak di Jl. Gajahmada No.13, Kembangsari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jika dari Simpang Lima hanya berjarak sekitar 3,5 km. Jam bukanya pukul 17.00 – 00.00 WIB.

Kabarnya dalam sehari Pisang Plenet Pak Yuli bisa habiskan 10 hingga 20 sisir pisang kepok. Cita rasa dari pisang plenet adalah manis legit, cocok untuk disantap ketika masih dalam keadaan hangat.

Nah, itulah sejumlah tempat kuliner Simpang Lima Semarang yang enak dan patut dicoba jika Anda ke Kota Semarang. Jika Anda ingin beli custom merchandise kaos, mug, tumbler, dan lain-lain bisa ke souvenirsemarang.com. Bisa klik WA di samping kanan. Selamat berburu kuliner enak!

Chat Kami Sekarang